Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Toko Online Anda

Internet sangat bagus dalam meratakan bidang bisnis. Di mana lagi Anda bisa memasang situs dan langsung bersaing dengan perusahaan besar secara internasional?


Apa itu

E-commerce, jelas disebut sebagai web commerce, pada dasarnya berarti penjualan barang dagangan atau jasa melalui Internet dengan transaksi elektronik dan juga melalui jaringan yang aman. E-com tidak hanya sekedar jual beli atau pelayanan tetapi juga merupakan metode periklanan dan pemasaran melalui sistem elektronik juga. E-com juga berarti memfasilitasi kemajuan transaksi komersial secara elektronik. Saat ini e-com adalah teknologi yang sudah mapan di semua negara besar. Dalam kebanyakan kasus, pemasaran internet mengharuskan Anda memiliki toko E-niaga sendiri untuk pengembalian maksimum.


Persyaratan Toko E-niaga

Membangun toko online bukanlah pekerjaan mudah. Diperlukan perangkat lunak yang dapat mengelola pelanggan serta kebutuhan mereka. Perangkat lunak e-niaga harus mampu menangani inventaris, biaya pengiriman dan penanganan, pajak, pengiriman, dan pemrosesan pembayaran pesanan klien. Anda mungkin menemukan banyak pilihan saat hendak membangun toko e-niaga. Sebelum memilih salah satu dari mereka, penting untuk memiliki pandangan yang jelas tentang kebutuhan Anda. Persyaratan teknis mungkin termasuk kupon, sistem pelacakan, opsi login pelanggan atau sejumlah hal lainnya. Persyaratan lain termasuk jenis kesan apa yang ingin Anda berikan kepada klien berharga Anda.


Pelajari Siklus Penjualan dan Pemasaran untuk Menentukan Kebutuhan Anda

Sebelum Anda memilih solusi apa pun untuk membangun toko e-niaga, pelajari model dasar e-niaga yang mewakili seluruh siklus penjualan dan pemasaran. Blok bangunan pertama dari siklus ini adalah audiens di mana Anda menentukan jenis pelanggan yang akan Anda targetkan. Kedua adalah komoditas, di mana Anda mengkarakterisasi jenis produk yang akan Anda masukkan ke pasar. Ketiga adalah dukungan pelanggan di mana Anda akan menjawab pertanyaan dan menawarkan solusi untuk masalah klien atau klien potensial. Berikutnya adalah periklanan, pemasaran dan dukungan di mana bisnis mempromosikan produk atau layanan. Lalu ada pemrosesan transaksi, fase teknis terpenting dari siklus, yang akan menangani pesanan, pajak, pemrosesan pembayaran, dan pengiriman pesanan. Transaksi dapat dilakukan secara otomatis atau manual. Dalam pemrosesan manual Anda harus memasukkan informasi kartu kredit secara manual melalui terminal offline. Dalam hal pemrosesan otomatis, formulir pesanan klien akan diatur dengan program yang memproses dan menagih kartu kredit untuk Anda. Setelah itu ada layanan pasca-kesepakatan mengenai bagaimana Anda memberikan solusi dan layanan purna jual. Last but not least adalah nama merek yang dengannya Anda akan menciptakan citra bisnis yang khas agar sesuai dengan pelanggan. Tidak ada yang akan memperhatikan toko online Anda kecuali ada sesuatu yang menarik perhatian mereka.


Teliti Pilihan Anda

Setelah Anda menentukan kebutuhan Anda, Anda kemudian dapat mulai meneliti pilihan Anda. Ada dua jalur dasar yang dapat Anda ikuti saat membangun toko e-niaga - baik membeli perangkat lunak yang sudah jadi atau membangun sistem kustom dengan komponen dan suku cadang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.


Fleksibilitas

Beberapa perusahaan bisnis menawarkan hadiah dan produk impuls yang ditempatkan dengan baik untuk pendekatan pemasaran yang lebih baik. Ini membutuhkan solusi e-com yang cukup fleksibel untuk memungkinkan berbagai hadiah, kupon, dan promosi. Juga, jika produk Anda datang dalam berbagai model atau gaya, dengan pilihan yang berbeda dan harga yang berbeda, maka Anda harus mengomunikasikan faktor-faktor ini dan menggambarkannya secara khas di toko online Anda. Seorang pebisnis sejati pasti akan mengikuti pola kliennya yang biasa maupun mereka yang langsung mengunjungi situs tersebut. Alat pelacakan statistik web dapat sangat membantu untuk tujuan ini.


Kemudahan penggunaan

Beberapa toko e-niaga sangat mudah digunakan dan hanya memerlukan beberapa menit untuk mempelajarinya, sementara yang lain lebih kompleks dengan begitu banyak fitur yang bisa membuat mereka kewalahan. Mampu melihat demonstrasi perangkat lunak sebelum membelinya adalah bantuan besar untuk menentukan kemudahan penggunaan.


Skalabilitas

Mampu tumbuh dengan perusahaan Anda sangat penting. Jika Anda memilih solusi yang sangat sederhana sekarang, kemudian memerlukan solusi yang lebih kuat di kemudian hari, Anda akan kehilangan waktu untuk mengubah toko Anda. Jika struktur URL toko Anda tidak konsisten, Anda juga dapat kehilangan peringkat mesin pencari dengan mengubah solusi e-niaga. Oleh karena itu, penting untuk memilih solusi e-commerce yang dapat berkembang bersama Anda. Misalnya, beberapa pemilik toko mungkin tidak menginginkan kupon pada awalnya tetapi kemudian memutuskan bahwa itu adalah ide yang bagus. Beberapa toko mungkin juga memiliki batasan jumlah produk, kontrol inventaris dan pelacakan yang akan sangat penting.


Keamanan

Yang paling penting untuk toko online adalah keamanan transaksi. Prioritas untuk setiap perusahaan bisnis harus transaksi yang aman. Berkat Netscape untuk memperkenalkan SSL (lapisan soket aman), data dapat dilindungi oleh pemilik toko online. SSL adalah n teknologi enkripsi yang mengenkripsi pesan dan penerima mendekripsinya dengan menggunakan keamanan RSA. Untuk mengaktifkan SSL di server web Anda, Anda memerlukan ID digital (bentuk identifikasi yang akan mengenali Anda). Banyak web host menyediakan instalasi SSL mulai dari beberapa dolar hingga beberapa ratus dolar per tahun.

Secara keseluruhan, Anda menginginkan fleksibilitas, kemudahan penggunaan, keamanan, dan skalabilitas di toko Anda. Teliti pilihan Anda sebelum membuat pilihan akhir, dan bila memungkinkan, dapatkan uji coba gratis dari solusi Anda sebelum membeli.